Dua Tim Mahasiswa IIB Darmajaya Juara Lomba IoT Tingkat Internasional



 

BANDARLAMPUNG – Empat mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya juara lomba Internet of Things (IoT) dengan meraih 1st Runner-up dan 2nd Runner-up dalam 2022 China-ASEAN Education Cooperation Week 2nd International Invitational Contest of Internet of Things Technology, Rabu (7/12/22).

Sebelumnya, IIB Darmajaya mendapatkan undangan dari penyelenggara Nantong Vocational University, International Cultural Communication Center, Malaysia untuk mengikuti perlombaan. Kampus The Best menurunkan dua tim dengan tiap timnya terdiri dari dua mahasiswa dari Prodi Sistem Komputer dan Prodi Teknik Informatika.

Mahasiswa tersebut adalah, Ridho Dinata Surya dan Hefri Juanto (Prodi Sistem Komputer) yang dibimbing Bayu Nugroho, S.Kom., M.Eng. Kemudian, Febri Pratama dan Arif Nur Listanto (Prodi Teknik Informatika) yang dibimbing Muhammad Fauzan Azima, S.Kom., M.T.I.

Lomba IoT diikuti 370 mahasiswa dari 185 tim yang berasal dari Malaysia, China, Indonesia dan Pakistan. Keempatnya pertama kali mengikut perlombaan tingkat internasional. “Ini pertama kalinya ikut dan sangat senang,” kata Arif diamini Febri.

Sementara, Ridho menceritakan bahwa lomba IoT yang diikutinya setiap peserta diberikan soal teori dan praktik. “Teori 100 soal dan 10 soal praktik. Dikerjakan dalam waktu tiga jam,” ungkapnya.

Menurut dia, soal yang diberikan juga selama ini telah banyak dipelajari dalam perkuliahan. “Alhamdulillah bisa mendapatkan peringkat 23 dan 24 dari ratusan peserta,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Pelaksana Tugas Kepala UPT International Office IIB Darmajaya, Anggi Andriyadi, S.Kom., M.T.I., mengatakan keempat mahasiswa tersebut telah dipilih oleh Prodi untuk mengikuti perlombaan. “Alhamdulillah dari ratusan perguruan tinggi di China, Malaysia, Pakistan dan Indonesia. Dua tim tersebut mendapatkan tempat 1st Runner-up untuk tim Prodi Teknik Informatika dan 2nd Runner-up tim Prodi Sistem Komputer,” ungkapnya.

Menurut dia, di Sumatra Kampus The Best IIB Darmajaya menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang ikut dalam perlombaan tersebut. “Selamat kepada kedua tim yang telah memberikan kemampuan terbaiknya,” tuturnya.

Terpisah, Rektor IIB Darmajaya, Dr. Ir. H. Firmansyah Y. Alfian, MBA., M.Sc., mengaku bangga atas prestasi keempat mahasiswa yang berhasil memenangkan perlombaan IoT Internasional. “Selamat kepada keempat mahasiswa yang telah bersaing di lomba IoT Internasional. Semoga dengan pencapaian ini juga menjadi pendorong mahasiswa lainnya untuk berprestasi,” ucapnya. (**)